Bantuan Untuk Global Development Delay
Global Development Delay adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan disabilitas intelektual umum yang biasanya dicirikan oleh fungsi intelektual yang lebih rendah daripada rata-rata bersama dengan pembatasan signifikan dalam setidaknya dua bidang pembangunan lainnya. Tanda-tanda umum keterlambatan perkembangan global termasuk tertundanya pencapaian tonggak (misalnya, duduk, merangkak, berjalan), penalaran terbatas atau kemampuan konseptual, keterampilan sosial yang buruk, perilaku agresif, dan kesulitan komunikasi.
GDD memiliki banyak penyebab yang pada akhirnya mempengaruhi fungsi sistem saraf pusat. Penyebab dapat berupa faktor genetik (misalnya, sindrom Fragile X), atau faktor metabolik (misalnya, PKU), faktor prenatal (misalnya, rubella atau trauma lahir), faktor perinatal (misalnya, prematuritas atau hasil cedera atau infeksi pada masa kanak-kanak).

Pendekatan untuk Anak dengan GDD
Perkembangan anak adalah proses yang dinamis, dan pada saat ini penilaian yang didapat hanyalah hanya sebuah bagian kecil dari gambaran yang lebih besar dan harus ditafsirkan dalam konteks riwayat anak dari konsepsi hingga saat ini. Sementara seorang anak mungkin tampak memiliki perkembangan normal untuk dua belas bulan pertama kehidupannya, penyimpangan dalam perjalanan perkembangan anak di tahun-tahun berikutnya adalah indikasi kekurangan yang mendasar.
Developmental screening (penyaringan pengawasan) dapat mengidentifikasi anak-anak yang mungkin perlu evaluasi. Ini adalah prosedur penilaian singkat yang dirancang untuk mengidentifikasi anak-anak yang harus menerima diagnosis atau penilaian yang lebih intensif.
Developmental Surveilance (pengawasan perkembangan) adalah proses berkelanjutan di mana anak diikuti dari waktu ke waktu untuk menangkap kekurangan halus dalam proses perkembangan anak. Komponen-komponen dari surveilans perkembangan termasuk memunculkan dan memperhatikan kekhawatiran orang tua, mengamati perkembangan kegiatan anak dan merujuk kepada penilaian pengembangan lebih lanjut oleh para profesional terkait hal lainnya.
Penilaian diagnostik dilakukan pada anak yang telah diidentifikasi memiliki masalah yang potensial. Langkah ini membutuhkan keterlibatan yang luas dari berbagai tim seperti psikolog, pendidik, pekerja sosial, dokter anak perkembangan, ahli genetika, dan / atau profesional medis lainnya.